Cara Mudah Pasang Sendiri Parabola - Aang Rape'i Blog

Breaking

Berbagi Catatan Bermanfaat

BANNER 728X90

Minggu, 22 Agustus 2010

Cara Mudah Pasang Sendiri Parabola

CARA MEMASANG PARABOLA PALING MUDAH



Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini
Pertama langkah yang harus anda lakukan dalam menentukan jenis parabola dan merek adalah budget yang memenuhi syarat untuk mendapatkan parabola yang sesuai keinginan, Kebanyakan parabola yang digunakan di indonesia adalah jenis parabola dengan frequensi C band dan Ku band. Namun yang paling banyak di pakai oleh masyarakat indonesia khususnya yang gratis alias free adalah jenis C band.
Parabola jenis ini memang sangat mudah di dapat karena banyak varian atau jenisnya. Hal yang perlu anda ketahui adalah pastikan barang tersebut benar–benar berkualitas dan bergaransi, terutama pada receivernya, Sebelum melakukan pembelian ada baiknya anda survey lokasi/tempat untuk memastikan tempat dengan barang yang anda pasang cukup ukuranya, untuk dish atau antena 6 feet adalah sekitar 4 meter persegi. Kemudian, apakah antena akan di pasang di atap? atau di permukaan tanah? atau di dinding rumah? , untuk antena 6 feet cukup dengan tiang 1,5 meter dan pastikan tidak ada penghalang pada atas permukaan antena dan samping antena secara dekat.
Sebaiknya memasang antena terlebih dahulu harus memasang tiang , tiang bagi parabola sangatlah penting karena tiang merupakan penyangga yang berguna menahan dish atau antena baik secara vertikal maupun horizontal, sehingga harus benar-benar kuat dan tidak bergoyang sedikitpun, karena apabila antena bergerak sedikit saja, akan menghilangkan titik fokus kearah satellite. Untuk itu sebaiknya tiang di cor, kalau untuk yang di permukaan tanah sebaiknya memakai angker agar tiang tidak berputar dan bergoyang. untuk yang di tembok dan atap gunakanlah klem kemudian di baud dan di cor. Sebaiknya memasang antena setelah tiang benar-benar kuat dan tidak akan roboh sedikitpun, ini bisa di lakukan sehari sebelum pemasangan antena.

Contoh persiapan alat-alat :
- Antena 6 feet kaleng
- LNB twin
- Tiang 1,5 meter
- kabel disesuaikan dengan kebutuhan
- Tv yang masih bagus kecerahannya


Hari pertama : tiang dipasang secara benar dan corannya ditunggu sampai kering, posisi tiang harus benar-benar lurus secara vertikal
Hari selanjutnya : setelah tiang benar- banar kering, dan kokoh segeralah rakit antena menurut buku panduan teknis perakitan sesuai produk.
Hal yang paling utama dalam memasang antena adalah menentukan titik fokus yang ditentukan dengan arah utara selatan yang harus tepat. Sebaiknya menggunakan kompas, setelah itu naikkan parabola dengan hati-hati jangan sampai rusak. Setelah berada di atas tiang, longgarkan semua baut dan mur agar antena bisa digerakkan ke berbagai arah.
LNB merupakan komponen parabola yang sangat penting kerena lnb adalah antena yang sebenarya, untuk lnb standar untuk C band cara penempatannya seperti berikut ini

Biasanya berbagai merek lnb menyertakan cara memasangnya, lihat skemanya
contoh :lnb 1 untuk satelit palapa lnb 2 untuk satelit telkom
perlu diketahui ada lnb yang sudah ada diseq switch untuk memindahkan antena dari satelit palapa/lnb 1 ke telkom/ lnb 2. jadi lnb nya 2 buah karena ia menangkap 2 satellite, satu lnb yaitu lnb 1 untuk menerima siaran satellite palapa, dan lnb 2 untuk menerima siaran satellite telkom, dan perlu diketahui juga bahwa dalam lnb ada dua antena yaitu antena vertikal dan horizontal. Hubungkan kabel coaxial dengan lnb yang sudah terpasang di antena dan sambungkan ke receiver.

DAFTAR CHANNEL SATELLIITE FREE, UP DATE 8 JANUARI 2010, DENGAN ANTENA TAKASI 6 FEET RECEIVER VENUS CABAI RAWIT

SATELLITE PALAPA 113,0* East

NAMA CHANNEL FREQUENSI POLARITAS SYMBOL NILAI KUALITAS SIGNAL
SCTV 3756 MHz HORIZONTAL 6240 KsPs 57 %
TVRI NASIONAL 3765 MHz HORZONTAL 5550 KsPs 63 %
RCTI 3773 MHz HORIZONTAL 6520 KsPs 57 %
BALI TV 3927 MHz HORIZONTAL 4208 KsPs 65 %
TV ONE 4054 MHz HORIZONTAL 5637 KsPs 66 %
ANTV 4055 MHz VERTIKAL 6510 KsPs 82 %
INDOSIAR 4073 MHz VERTIKAL 6500 KsPs 78 %
GLOBAL TV 4080 MHz HORIZONTAL 28120 KsPs 56 %
METROTV 4080 MHz HORIZONTAL 28120 KsPs 56 %
SPACETOON 4080 MHz HORIZONTAL 28120 KsPs 56 %
NHK WORLD 4080 MHz HORIZONTAL 28120 KsPs 56 %
JAK TV 4080 MHz HORIZONTAL 28120 KsPs 56 %
U CHANNEL 4080 MHz HORIZONTAL 28120 KsPs 56 %
ALMANAR 4080 MHz HORIZONTAL 28120 KsPs 56 %
TPI 4185 MHz VERTIKAL 6700KsPs 89 %

TELKOM 108* east

TV EDUKASI 3786 MHz HORIZONTAL 4000 KsPs 63 %
TV TIMORLESTE 3776 MHz HORIZONTAL 4285 KsPS 64 %
TVRI ACEH 3812 MHz HORIZONTAL 3000 KsPs 66 %
TRANS 7 4075 MHz HORIZONTAL 6000 KsPs 63 %
TRANS TV 4084 MHz HORIZONTAL 6000 KsPs 50 %
METRO PAPUA 4092 MHz HORIZONTAL 3570 KsPs 50 %
JTV 4097 MHz HORIZONTAL 3125 KsPs 52 %
RRI 4130 MHz VERTIKAL 2099 KsPs 55 %
TVE 2 3807 MHz HORIZONTAL 4000 KsPs 60 %
TVRI KALBAR 3793 MHz HORIZONTAL 3000 KsPs 51 %
TVRI KALTENG 3902 MHz HORIZONTAL 3000 KsPs 35 %
TVRI PAPUA 3797 MHz HORIZONTAL 3900 KsPs 53 %

Daftar channel satelitte paling update klik disini

Tempatkan televisi di tempat yang bisa diihat layarnya secara penuh dan jelas ketika kita sedang mengatur/memutar antena, pasangkan receiver pada tv dan nyalakan tv-nya,  kemudian buka menu pada receiver dan lihat pada pengatuaan satellite/antena kemudian edit satellite untuk frequensi lnb harus 5150 dan untuk satelite palapa diseq 22k pada posisi off/mati/tidak aktif, untuk satellite telkom frequensi lnb 5150 dan diseq 22k pada posisi on/ hidup/aktif.
Setelah semua itu selesai kemudian tempatkan penerimaan channel pada satellite palapa channel yang paling besar sinyalnya, saya menyarankan TPI karena paling mudah di tangkap, setelah ditempatkan pada TPI tempatkan antena secara datar dan gerakan perlahan ke kiri kanan depan belakang dengan perlahan-lahan dan selembut mungkin sambil mementau info (nyalakan info sinyal dengan menekan tombol info di remote receiver) pantau intensitas dan kualitasnya sambil menggerakan antena setelah muncul gambar dan suara/sinyal terkunci, munculnya gambar dan suara (terkunci) biasanya ketika kualitas sinyal sudah mencapai kira-kira 25 %
Kemudian kencangkan baut secara perlahan jangan sampai sinyal hilang lagi setelah itu baru gunakan baut sebagai pengatur antena secara perlahan dan hati-hati satu drat saja sangat berpengaruh, cari terus sampai benar-benar maksimal setidaknya sesuaikan dengan sinyal pada tabel di atas.setelah itu silahkan pogram kembali receiver anda agar bisa menangkap sinyal/ frequensi baru, tutup lnb dengan tutup plastik yang ringan dan seukuran dengan lnb agar tidak terkena air ketika hujan, ini bisa menggunakan bekas botol plastik air mineral yang berukuran besar.
SELAMAT MENCOBA.....

31 komentar:

  1. Saya coba pasang sendiri parabola yg 6 fell 2 lnb almunium jaring/kawat bukan seng spt yg diatas,setelah selesai langsung dicoba mencari sinyal dan channel dan dapet. keanehan terjadi ketika mencari chanel satelit telkom gak dapet sama sekali sedangkan untuk satelit palapa dapet semua, coba diputar2 bisa dapet sinyal satelit telkom tapi satelit palapanya gantian yg ilang. mohon pencerahannya!!!

    Saya dari Bangka Belitung. Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih telah mampir di blog saya... jika didapati kasus seperti itu,,, bisa disebaban karena edit satelit belum di seting. langkah2: Cari menu edit satelit atau pengaturan antena di receiver, cari satelit telkom dan aktifkan 22k switchnya, 22k harus dalam posisi on/hidup/aktif atau jika anda menggunakan diseqc switch pilih untuk palapa Lnb 1 dan telkom lnb 2. hal itu juga bisa terjadi karena terbalik dalam pemasangan lnb 1 dan 2. jangan memprogram kembali receiver, nanti kalau antena sedang fokus ke sat. palapa dan anda scan di receiver di sat. telkom, yg ada malah yg muncul chanel yg palapa. sabaiknya anda lihat daftar chanel dari sat. palapa dan telkom di wwww.lyngsat.com.
    sebaiknya anda baca artikel saya yang lain sebagai referensi... hubungi nomor kontak yang ada di banner iklan jika masih kesulitan

    BalasHapus
  3. Seblmnya salam kenal, Saya pemula dlm menyetting parabola, trima kasih atas pencerahannya, trus update tuk setting2 berikutnya ya...

    BalasHapus
  4. makasih mas ego udah mampir... saya juga blum terlalu lama di parabola, kebetulan ada waktu buat share pengalaman sehari-hari aja,,mudah-mudahan bermanfaat,,, saya akan selalu berusaha bikin artikel baru yang lebih baik dan menarik mengenai parabola... salam pecinta parabola..

    BalasHapus
  5. mas gimana caranya pasang 1 parabola 2 lnb untuk 2 ricever untuk matrik

    BalasHapus
  6. Kang, mau tanya nih. Dirumah ada parabola (masih terpasang) yg dari ram aluminum dah 13 tahun ga dipake dgn 1 LNB & receiver analog, & sekarang sy baru tinggal dirumah tsb. Yg jd pertanyaan: sebagai seorang pemula utk memfungsikan unit tsb sy sudah beli receiver baru hanya LNB belum krn tdk tahu harus yg twin ato single lagi, kmdn apa yg harus diperhatikan saat pemasangan unit LNB & receiver.Tks

    BalasHapus
  7. sebelumnya terimakasih udah mampir, pastikan antenanya masih dalam
    kondisi baik,, artinya kelengkungan dari parabolanya. dan pastikan
    semua baut dan mur pada mounting (penyangga dan pengatur gerakan
    antena) juga dalam kondisi baik. sebaiknya kang Ian gunakan LNB
    kembar(twin) biar dapat siaran palapa dan telkom, kalau hanya satu LNB
    saja hanya dapat satu satelite. LNB yang lama jelas tidak bisa dipakai
    kang...., sejauh pengalaman saya konstruksi penyangga LNB parabola
    jaman dulu dan sekarang hampir sama. tidak ada kendala yang cukup berarti apabila di ganti dengan LNB model baru. Untuk setting receiver, sama dengan antena yang lain/tidak perlu setting khusus, tutorialnya bisa lihat di artikel saya yang lain kang..

    BalasHapus
  8. @WAHYU: Untuk cara pasang parabola satu parabola dua receiver dan dua LNB, mas bisa lihat tutorial ini http://www.aangrapei.co.cc/2011/01/cara-pasang-dua-lnb-dengan-dua-receiver.html untuk semua merk termasuk matrix

    BalasHapus
  9. Ok kang, I'll try it. Hatur nuhun thank you, biar saya coba dulu.

    BalasHapus
  10. bang, mw nanya nih. berapa jarak antara lnb1 dan lnb2???

    BalasHapus
  11. Sebelumnya makasih udah mampir mas... untuk jarak LNB 1 dan LNB 2 itu disesuaikan dengan ukuran/diameter antena, kelengkungan antena juga sangat mempengaruhi, untuk seting jarak LNB yang saya sarankan yaitu; untuk LNB 1 Mas tidak perlu merubahnya(karena posisinya sudah tetap/tidak bisa digeser) untuk LNB 2 jika menggunakan dish 6 feet kira-kira 2-3 cm dari ujung ring, mas bisa lihat di gambar yang ke tiga di postingan ini semoga membatu...

    BalasHapus
  12. parabola saya masi lnb single,saya mo membeli lnb 1x2(buat 2 receiver)khusus satelit palapa.
    apa lnb yang lama masi bisa dipergunakan buat satelit lain(hanya 1 receiver yang pake 2 satelit)?

    BalasHapus
  13. makasih udah mampir,,, yang lama masih bisa di pakai.. anda hanya beli LNB dual output satu buah untuk satelit palapa,, dan beli diseq 2x1.... info lengkap InsyaAllah saya akan posting lain waktu.. jika butuh skema atau gambar rangkaian.. postingkan aja email anda.. ntar saya kirim.. semoga berhasil

    BalasHapus
  14. salam kenal..nama saya wisely..
    saya baru memindahkan antena parabola saya.. ketempat yang baru..
    tp kok sinyalnya jadi hilang ya..
    sudah mengikuti petunjuk diatas..
    yang di dapat hanya sinyal intensity sebesar 80% hampir di semua channel..
    tetapi sinyal quality nya hanya 3%.. paling besar 7%..
    ini ada kesalahan di mana ya?
    terimakasih atas petunjuknya..

    BalasHapus
  15. Terimakasih sebelumnya sudah mampir di blog yang belum sempurna ini, Jika kualitas sudah ada 7% tinggal sedikit lagi mas... itu berarti kurang fokus mas.... coba perhatikan arah utara-selatan timur-barat,, jangan sampai terbalik arah lnb-nya.. boleh tahu antena yang digunakan jenis apa ? untuk tutorial pasang LNB silahkan lihat artikel saya yang lain... semoga bermanfaat...

    BalasHapus
  16. mo nanya ni tadi sore ane utak atik LNB1 ke palapa d,,,,e ujung2nya signal Horizontal gk nongol lagi, trz ch indosiar Vertikal signalnya 53% tapi sdkit ckoat ckot gtu, pdahl klo 53% mstix gk cekat cekot, knapa y,,,,,?
    LNB di posisi 34

    BalasHapus
  17. Sebelumnya makasih udah mampir...Itu dia mas.. kalau LNB gak pas walaupun antena udah fokus tetep aja signal gk maksimal... LNB jangan terlalu tinggi atau rendah kalau pake antena kaleng LNB di set ke garis yang bertuliskan 38 (lihat gambar di atas). Posisi LNB juga harus lurus dengan arah utara selatan. Untuk mempermudah pointing, tongkat(dongkrak timur-barat) harus lurus arah timur barat. semoga bermanfaat

    BalasHapus
  18. Salam kenal nih, sy dah dua minggu ini pasang parabola sendiri, sy set ke palapa, signal >70% kwlitas >15% tapi ko ga ada stasiun tv yg nyangkut ya, kenapa?
    sy pake twin lnb posisi 0 arah barat-timur, disk pake yg 7 feet jaring.
    terimakasih

    BalasHapus
  19. Sebelumnya makasih udah mampir di blog saya,, Untuk dapat menangkap dengan jelas setidaknya perlu 26-28% kualitas sinyalnya. di bawah itu biasaya gak akan muncul gambar dan suara.. mas tinggal atur lagi sedikit lagi sampai kualitas maksimal.. saat ini dengan antena normal kaleng ukuran 6 feet untuk kualitas sinyal RCTI sekitar 45% dan indosiar sekitar 89% jadi mas tinggal sedikit lagi. kalau masih tetep gk bisa.. coba cek kelengkungan antena apakah antena masih normal atau sudah jelek.. posisi LNB set ke strip 38.. selamat mencoba.

    BalasHapus
  20. nice info, termia kasih byk buat tutornya mas,,,

    BalasHapus
  21. Kang, saya baru saja instalasi parabola Telkomvision dengan 1 lnb dan receiver merk Tanaka YesTV. Kalau di lihat di info receivernya hanya ada 1 satelit yang ditangkap, yaitu satelit Telkom. Agar bisa menangkap satelit lain, misalnya satelit palapa atau satelit lainnya, apakah lnb bawaan telkomvision bisa diganti dengan lnb lain dan dipasang 2 lnb atau lebih. Dishnya ukuran 4 feet.
    Dan mau tanya lagi apakah dish ukuran 4 feet Telkomvision bisa dipasang actuator, kalau bisa gimana caranya.
    Terima kasih

    BalasHapus
  22. bisa mas hanya kalau 4 ft signal dapetnya kecil.. pake lnb biasa juga bisa kalau pke aktuator sulit kayanya mas..

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. menarik kang baca2 artikel disini, jadi tau sedikit2 tentang parabola, dan akirnya saya juga beli perlengkapan parabola sendiri....
    kang mau nanya nih...
    saya beli alat2 sendiri parabola, spec nya:
    -dish solid 6ft venus
    -receiver cabai rawit
    -lnb 1x2 (1 satelit untuk 2 rec)
    -kabel+jack

    skrg lagi pasang tiang,
    nanti saat pemasangan parabola (besi di bawah dish) menghadap utara-selatan, dan lnb saya posisikan menghadap barat-timur. untuk mencari arah kemana parabola harus menghadap ke arah parabola palapa d saya googling..., dan dapat cara disini : (http://dishpointer.com/) mengisi data lokasi saya (di bandung) dan jenis satelit mana yang di inginkan (saya coba ke palapa d)
    kemudian dapat data seperti ini:

    Your Location Satellite Data Dish Setup Data View dish alignment line in Google Earth
    Latitude: -6.9032°
    Longitude: 107.6639°

    Name: 113E KOREASAT 5 (MUGUNGWHA 5) | PALAPA D
    Distance: 35878km

    Elevation: 79.7°
    Azimuth (true): 37.9°
    Azimuth (magn.): 37.1°
    LNB Skew [?]: 37.6°
    Turn clockwise standing behind the dish

    yang mau saa tanyakan :
    1. parabola (utara-selatan) nanti saya putar dari utara(0°) ke arah timur(37.9°) benar apa tidak ?
    2. arah parabola saya turunkan dari vertikal (90°) ke bawah menjadi 79.7°. benar apa tidak ?
    3. secara otomatis arah parabola yang tadinya menghadap utara-selatan, dan lnb arah barat-timur, menjadi bergeser dari arah asal, memang begitu ya ? jadi arah utara-selatan pada parabola, dan arah barat-timur pada lnb. hanya menghadap ke arah tersebut hanya sebagai patokan utama, karena nantinya akan bergerak/ bergeser sekian derajat mengikuti ke arah satelit.

    maaf kalo panjang atau tidak jelas heheheh...
    mohon pencerahanya, supaya saya dapat memasang parabola dan dapat siaran sebelum bulan puasa :D

    hatur nuhun kang..

    BalasHapus
  25. sebelumnya makasih udah mampir di blog saya, sebenarnya saya sudah
    jelaskan gambar posisi lnb coba lihat semua tutorial di blog saya yang
    berkategori parabola. memang walaupun sudah benar memasang lnb tapi
    yang paling sulit dan susah dijelaskan dengan tulisan adalah pointing
    antena atau memfokuskan ke arah satelit. kalau masih bingung mas coba
    datarkan antena dan posisikan di satelit palapa chanel MNC atau
    Indosiar terus rebahkan ke utara perlahan dan rebahkan ke timur
    perlahan kalau masih belum dapat coba gerak bebas tapi perlahan/lembut
    .. kalau masih bingung telon saya saja heee.. mudah-mudahan membantu..

    BalasHapus
  26. Ass,slam kenl mas ni yadi pringsewu lampumg,Mas saya baru beli parabola tanaka seken 6 feet trus saya pake lnb c-band/ku-band merk metrix setelah saya pasng ga signal,yg saya mau tanyakan lnb metrix dan parabola metrix itu cocok ga mas,mohon pencerahanya mas.

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Mas mau ikut nimbrung neh..saya sudah berlangganan orenge tv, yang mau saya tanya adalah jika saya mau pasang parabola venus apakah, receivernya jadi harus dua? atau bisa digabung? dan ada masalah ternyata orange tv tidak mempunya slot HDMI, jadi kulitasnya kurang baik, jika receivernya diganti yang ada HDMI nya apakah kualitasnya menjadi baik, catatan tv lcd 50 inc, terima kasih.

    BalasHapus

Komentar anda sangat berharga untuk perbaikan blog ini, silahkan berikan komentar satu atau dua patah sekalipun